Arsip :
Iklan

RAPID_C

Best Solution for Shipping & Spreader Brocure
Bandung Area!

Anda membutuhkan jasa sebar brosur untuk promosi usaha Anda?
Atau membutuhkan jasa kurir untuk pengiriman surat/dokumen & barang?

Kamilah solusi masalah Anda!!!

Melayani:
- Jasa sebar Brosur & Undangan
- AmAn (Ambil-Antar) surat/dokumen & barang
- Pengantaran Paket ke Ekspedisi/Travel/

Murah - Cepat - Amanah

Hubungi kami di 083821665911

BANK SYARIAH BERKONTRIBUSI POSITIF TERHADAP PEREKONOMIAN NASIONAL

Seminar ekonomiJakarta, 14 Rajab 1434/ 24 Mei 2013 (MINA) – Asisten Deputi Bank Indonesia, Dewi Astuti menyatakan, perbankan syariah memberikan kontribusi positif terhadap perekenomian nasional Indonesia.

“Perkembangan aset dan prestasi perbankan syariah di atas bank konvensional, baik dari operasional, resiko, dan daya saing” kata Dewi di Jakarta, Jumat (24/5).

Dia menilai  bank syariah di Indonesia lebih siap menghadapi era perdagangan bebas di tingkat regional maupun international. Selain itu, Indonesia merupakah satu-satunya di dunia yang memiliki potensi perkembangan tertinggi dan tercepat.Rekening Zakat, Infaq, Shadaqah & Donasi

“Besarnya jumlah muslim Indonesia dan dukungan pemerintah yang besar menjadi modal penting pertumbuhan perbankan syariah. Kestabilan bank syariah terhadap krisis dan sistem tanpa riba yang diterapkan merupakan modal utama keunggulan bank syariah,” ungkapnya.

Dia juga memperediksi, bank syariah akan menjadi pilihan utama masyarakat dengan produk-produk perbankan yang menyentuh sektor riil dan menjunjung nilai-nilai kejujuran.

Praktisi ekonomi syariah Indonesia Iman Teguh Saptono juga mengungkapkan, pasca krisis global yang melanda Eropa dan Amerika. Perkembangan perbankan syariah mengalami pertumbuhan di atas 15 persen dengan total aset menembus satu triliun dolar AS pada 2012.

“Tahun 2020 perbankan syariah diperkirakan optimis akan menembus empat triliun dolar AS dengan pertumbuhan 17 persen. Saat ini, pertumbuhan perbankan syariah didominasi tiga negara yaitu Dubai, Inggris, dan Malasyia,” ujarnya.

Dia menuturkan, pada saat ini, parlemen di berbagai negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Perancis, Jerman, dan Inggris sudah menyetujui lahirnya undang-undang ekonomi syariah.

Menurutnya, Indonesia saat ini menempati peringkat keempat dalam pertumbuhan industri perbankan syariah di bawah negara Iran, Malaysia, dan Arab Saudi. Jumlah bank syariah di Indonesia yang beroperasi saat ini sekitar 11 Bank Umum Syariah (BUS) dan 24 unit usaha syariah (UUS). Sementara jumlah jaringan kantor lebih dari 2000 outlet.

“Akhir 2012 aset perbankan syariah mencapai 200 triliun rupiah, sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan pembiayaannya hampir 150 triliun rupiah,” ungkap Direktur Bisnis BNI Syariah itu.

Sementara itu, Ekonom Senior Indonesia, Umar Juarno menyatakan, perbankan syariah di Indonesia berkembang sangat cepat, walaupun pangsa pasarnya masih relatif kecil.

“Pangsa bank syariah Indonesia tumbuh tinggi 35 persen dalam lima tahun terakhir yang mengungguli bank konvensional. Namun, pangsa terhadap perbankan nasional masih relatif rendah sekitar lima persen, lebih rendah dibandingkan Malaysia yang pangsanya sebesar 20 persen,” katanya.

Dia menilai perkembangan bank syariah mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan karena struktur yang stabil, berkesinambungan, dan berkeadilan.

Selanjutnya, Yuslam Fauzi, Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) mengatakan, saat ini pertumbuhan perekonomian akan berkembang jika memperbaiki posisi pangsa pasar dan memiliki target yang jelas. (L/P010/P02)

MINA (Mi’raj News Agency)

Korban Musibah Bencana Alam
Share

Leave a Reply


5 − 4 =

Al Qur an (Wahyu Allah)
No data found, please check the expiration date.
June 2013
M T W T F S S
« May   Jul »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930